UNIVERSITAS MPU TANTULAR

@Kampus A Jl. Cipinang Besar No.2 @Kampus B Jl. Kedoya @Kampus C Jl. Cipinang Besar No.2

Copyright © 2018 — Mpu Tantular University. All Rights Reserved

Click Disini Utk Pendaftaran Calon Mahasiswa/i Baru
Click disini Utk Login Dosen
Click disini Utk Login Mahasiswa/i
Login Untuk BAA, BAK, BAU & PMB
PROGRAM PASCASARJANA S2
Magister Ilmu Hukum (S-2) Akreditasi B
Magister Manajemen (S-2) Akreditasi B

Kurikulum pada Program Studi Magister Hukum bertujuan untuk mempertajam kemampuan intelektual mahasiswa serta mengarahkan mahasiswa untuk dapat mengembangkan integritas moral serta sikap terbuka dan jujur dalam mengemukakan pendapatnya. Sikap tersebut sangat diperlukan dalam rangka menghasilkan lulusan yang memiliki nalar secara ilmiah, kreatif, dan mandiri serta secara etis dapat menyumbangkan ilmunya untuk kepentingan masyarakat.

Kedalaman isi kurikulum sesuai dengan tingkat kompleksitas dan spesifikasi pengetahuan, kadar kematangan, dan tingkat kemandirian yang dimiliki oleh mahasiswa. Kedalaman isi kurikulum ditekankan pada pokok bahasan ilmu pengetahuan hukum secara epistimologi, sehingga lulusan yang dihasilkan dapat memiliki kemampuan penguasaan materi hukum secara akademik, dengan nilai tambah kemampuan memecahkan persoalan hukum yang terjadi dalam masyarakat serta menuangkannya dalam pertimbangan dari segi hukum.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, pihak pengelola telah menyusun kurikulum di mana masing-masing mata kuliah yang ada di dalamnya memiliki integrasi materi pembelajaran intra, antar, dan multidisiplin ilmu. Sebagai contoh, mata kuliah yang terdapat di dalam Konsentrasi Hukum Bisnis, seperti Hukum Anti Monopoli, Hak Kekayaan Intelektual, Hukum Perjanjian, Hukum Investasi dan Pasar Modal merupakan materi pembelajaran yang saling terkait satu sama lain baik secara intra, antar dan multidisiplin ilmu.Adapun dalam Konsentrasi Hukum Litigasi, beberapa mata kuliah cross-cutting antara lain adalah Hukum Pembuktian yang terkait erat dengan Teknologi dalam Hukum dan Sistem Peradilan Umum dan Sistem Peradilan Khusus.

Tujuan Pendidikan

  • Mendidik dan menghasilkan magister hukum yang mampu melakukan pendekatan interdisiplin terhadap berbagai aspek hukum.
  • Mendidik dan menghasilkan magister hukum yang mampu membuat pendekatan interdisiplin terhadap pemecahan berbagai masalah hukum.
  • Mendidik dan menghasilkan magister hukum yang akan menjadi pengajar ilmu hukum dan peneliti dalam pengembangan ilmu hukum serta mampu melaksanakan pengabdian masyarakat.
  • Mengembangkan Sumber Daya Manusia dalam bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Kompetensi Lulusan Magister Ilmu Hukum

  • Mampu mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu hukum dengan cara menguasai dan memahami bidang keilmuan tersebut
  • Mampu memecahkan permasalahan di bidang hukum khususnya hukum bisnis melalui kegiatan penelitian dan pengembangan
  • Mampu mengembangkan kinerja profesionalnya yang ditunjukan dengan ketajaman analisis permasalahan, kecakupan tinjauan, kepaduan pemecahan masalah atau profesi yang serupa

Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi.

Ilmu manajemen berkembang sejalan dengan era globalisasi, teknologi informasi dan komunikasiyang memberikan pemahaman tentang pendekatan ataupun tata cara penting dalam meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah manajerial.

Program Magister Manajemen (MM) menyiapkan lulusannya untuk menjadi profesional yang berwawasan global, memiliki integritas, visi, determinasi, serta tanggung jawab sosial.

Program Magister Manajemen (MM) menyiapkan lulusannya memasuki lapangan pekerjaan berbasis bisnis maupun non bisnis, nasional dan internasional, sebagai tenaga profesional di bidang keuangan, pemasaran (marketing), SDM (sumber daya manusia), operasional serta sebagai pengusaha (Entreprenuer).

Kompetensi Lulusan Magister Manajemen

Lulusan Program Magister Manajemen memiliki kemampuan penguasaan teori yang kuat dan kemampuan profesional serta cara pandang yang komprehensif; mengembangkan sikap mental profesional yang berorientasi pada pemecahan masalah manajemen berdasarkan alur berpikir-sistem; memiliki kemampuan scenario building dalam pemecahan masalah manajemen; mampu mengembangkan kajian-kajian teoretis konsepsional terkini; memiliki kemampuan mencerna buah pikir manajemen; kemampuan melakukan berbagai penelitian dasar maupun terapan yang unggul dalam bidang manajemen.

Lulusan Program Magister Manajemen dibekali dengan pengetahuan, etika akademik dan profesi, kemampuan dan ketrampilan untuk mengelola berbagai jenis organisasi secara komprehensif dalam bidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan operasional, serta mengambil keputusan stratejik.

Selain itu, juga dibekali dengan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengelola perusahaan, mengembangkan sistem informasi manajemen, membuat rencana bisnis, melakukan presentasi dan negosiasi bisnis dengan baik; kemampuan analitis ekonomi, kuantitatif dan manajemen; menyusun dan menganalisis kinerja keuangan perusahaan publik dan non publik; melakukan analisis pasar keuangan(Pasar valas, pasar uang dan pasar modal); menyusun rancangan studi kelayakan bisnis; melakukan perencanaan dan riset pemasaran; analisis Perdagangan Internasional, dsb.

Kompetensi dasar Magister Manajemen adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang manajemen; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang manajemen, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang manajemen, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.

Lulusan Magister Manajemen memiliki kemampuan memimpin organisasi bisnis dengan integritas yang kuat, yaitu kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan memahami pengetahuan di bidang manajemen, kemampuan memimpin orang lain.

Profesi dan Karir Lulusan Magister Manajemen

Lulusan Magister Manajemen (MM) dapat bekerja dan berkarir sebagai manajer yang profesional dan ahli di bidang Pemasaran, Keuangan, Sumber Daya Manusia, Produksi dan Operasional pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, dsb.

Sebagai entreprenuer (wirausahawan), akademisi atau berkarir di instansi pemerintah dan swasta sebagai manajer yang profesional dan ahli di bidang pemasaran, keuangan, manajemen sumber daya manusia, produksi dan operasional pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, teknologi informasi, komunikasi, dan sebagainya.

Menjadi Konsultan manajemen/bisnis yang handal, dan Wirausahawan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.

PRODI